Fungsi dan Desain Dapur Mini Bar di Bawah Tangga

By Swi - 10 November 2023
DAFTAR ISI

Desain dapur mini bar di bawah tangga banyak jenisnya dengan variasi beragam. Dapur mungil, unik dan manis ini memang cocok untuk rumah minimalis dengan ruangan tak begitu besar.

Modelnya bisa dengan ide keluar dari zona dan nyentrik tetapi tetap artistik. Bagaimana desain dengan model yang epik tetapi tetap kece meskipun terletak dibawah tangga, artikel ini akan membahasnya lengkap.

Apa Itu Dapur Mini Bar

Adakah yang sedang mencari desain dapur mini bar cantik dengan model dan desain keren long lasting? Tidak perlu khawatir karena desain dapur mungil ini banyak pilihan modelnya.

Namun, sebelum membahas tentang desainnya, ada yang masih bingung apa sih dapur mini bar itu? Dapur mini bar merupakan salah satu ruangan atau mungil dalam rumah yang berguna untuk memasak sederhana.

Selain itu mini bar menjadi tempat menyediakan bahan makanan ringan dengan berbagai jenis minuman. Agar lebih menarik, mini bar biasanya dengan kursi dan meja tinggi dan penerangan dekat dapur atau pantry.

Fungsi Dapur Mini Bar di Bawah Tangga

Kata bar berhubungan erat dengan kafe yang menyediakan aneka minuman. Bar sendiri berasal dari kata barrier yang artinya sesuatu yang membatasi antara bartender dengan tamu.

Pada umumnya pemisah ini berupa kayu pemisah atau counter yang diberi kursi dengan ukuran menyesuaikan. Dengan desain keren ini, banyak yang mengaplikasikan atau mengadaptasinya ke hunian rumahan dengan ukuran lebih kecil atau mini.

Maka, dari sinilah sebutan mini bar hadir dengan berbagai fungsi yang sedikit berbeda meskipun intinya sama bahkan penempatan tidak khusus ruangan tetapi bisa di bawah tangga.

Adapun dapur minimalis dapur bawah tangga memiliki beberapa fungsi, antara lain:

1. Tempat Berkumpul

Fungsi utama dapur mini bar sebagai tempat berkumpul semua anggota keluarga. Meskipun ruangannya tak begitu luas, tetapi sangat asyik untuk ngumpul bareng orang tercinta. Desain seperti di kafe tentu memberi sentuhan lain yang penuh makna.

2. Sebagai Dapur

Namanya juga dapur mini bar, yaitu dapur mungil sebagai tempat untuk memasak makanan yang simpel dan praktis. Jika sudah memiliki dapur mini, tidak perlu pusing memiliki dapur ala-ala tradisional karena yang mini juga sudah komplit dan multi fungsi.

3. Sebagai Ruang Makan

Fungsi lain dapur bawah tangga modern adalah ruang makan keluarga yang nyaman. Tempat makan di rumah serasa di kafe atau tempat menarik yang tentunya akan menambah kebersamaan.

Selain nyaman, area makan dapat memberi sensasi lain untuk menambah chemistry dengan keluarga.

4. Desain Keren

Desain dapur mini bar ada banyak macam dan tentunya menarik dan keren. Setiapa desain tergantung dari area ruangan bawah tangganya. Tentunya, desain berbeda dengan desain dapur pada umumnya, karena dapur mini bar dapat eksplor desain sesuka hati.

4. Hemat Anggaran

Adapun fungsi lain yang tak kalah menarik adalah hemat anggaran. Selain mungil dan tempatnya sebagai pengisi space kosong bawah tangga, dapur mini bar sangat hemat anggaran.

Biasanya isi dapur hanya kulkas, area kompor, laci-laci untuk tempat makan, meja dan kursi tinggi.

Tentunya untuk memenuhi kebutuhan dapur mini bar sangat lebih hemat daripada membuat dapur ‘pada umumnya’. Selain keren dapur juga sangat istimewa dengan semua kepraktisan yang membuat hidup lebih menyenangkan dan sat set.

Desain Dapur Mini Bar di Bawah Tangga

Setelah mengetahui apa itu dapur mini bar dan fungsinya, saatnya membahas tentang desain dapur dan kamar mandi dibawah tangga. Desain dengan keramik, meja unik, tembok warna manis dan kursi epik membuat tampilan makin kece dan menarik.

Agar tidak penasaran lagi, berikut pilihan desain dapur mini bar di bawah tangga, yaitu:

1. Tema Vintage

Area sempit bukan menjadi penghalang untuk mendesain dapur mini bar menjadi dapur sesuai impian. Dapur tema vintage dapat menjadi pilihan menarik yang cantik dan melankolis.
Dapur mini bar bawah tangga tema Vintage

Caranya dengan memilih kabinet model jadul dengan harga lebih miring atau mencari yang second. Tirai untuk pelengkap dapat memilih floral merah jambu aksen jadul. Selain itu dapat menambahkan lukisan rajut jadul yang menambah kesan vintage dan epik.

2. Dapur Mini Bar Bawah Tangga dengan Rak Terbuka

Bawah tangga kadang sangat sempit tapi bisa disiasati dengan desain rak terbuka. Rak langsung menempel pada dinding lebih menghemat space sehingga terkesan rapi dan tidak penuh.
dapur mini bar bawah tangga rak terbuka

Rak berguna untuk menyimpan berbagai makan alat dapur seperti pisau, gelas dan yang lainnya. Model rak terbuka terlihat lebih modern dan lebih bersih juga rapi.

3. Tema Bernuansa Putih

Tema mini bar dapur tembok dengan nuansa putih terlihat bersih, rapi dan luas. Tentunya tema ini cocok untuk area yang sangat sempit, sedang ataupun cukup luas.
Dapur mini bar bawah tangga tema nuansa putih

Putih memang warna netral dan agar tambah menarik dapat memilih kitchen set warna senada. Kombinasi warna lain dapat menjadi pilihan seperti coklat atau merah bata. Warna berani membuat tampilan dapur terlihat elegan.

4. Model Single Wall

Model single wall adalah dapur mini bar bawah tangga dengan kitchen set sejajar dinding sehingga memperluas area dapur. Sebagai pelengkapnya dapat menambah cooker hood supaya asap tidak menggumpal.
Dapur mini bar bawah tangga model Single wall

Desain single wall memberi kesan minimalis yang nyaman. Dengan pilihan ini, me time bersama keluarga semakin berkualitas.

5. Model Rapi dan Menarik

Memilih barang untuk ditempatkan pada area dapur mini bar susah-susah gampang. Agar lebih rapi dan praktis, tentunya menyesuaikan ukuran yang ada. Barang yang sesuai dimensi ruang akan terlihat lebih rapi dan manis.
dapur mini bar bawah tangga model rapi

Penempatan tepat semakin membuat dapur mini bar menarik dan acara tempat ngumpul keluarga semakin asyik dan penuh kebersamaan.

Penutup

Bagian bawah tangga yang kosong dapat digunakan sebagai area dapur mini bar. Selain menghemat pengeluaran, desain manis akan mempercantik ruangan.

Dapur mini bar di bawah tangga menjadi pilihan tepat jika rumah terlalu sempit karena selain sebagai dapur sekaligus ruang makan, dapat pula menjadi tempat kumpul bersama keluarga.

Questions And Answers

1. Berapa ukuran mini bar dapur?

Dapur mini bar umumnya memiliki 2 hingga 4 kursi dengan tinggi 110-115 cm dengan luas 30-50 cm. Ukuran tersebut sesuai dengan idealnya orang Asia.

2. Apa saja yang ada di mini dapur mini bar?

Biasanya dalam area dapur mini bar terdapat meja dan kursi tinggi, kitchen set, laci, rak dan kulkas.

3. Apa nama kursi bar?

Kursi bar atau stool bar merupakan novasi tempat duduk modern yang bisa digunakan untuk berbagai aktivitas seperti meja untuk bekerja.

Jual Beli Properti Rumah Apartemen Tanah